Senin, 10 Desember 2012

H Pahri Azhari Mendapat Penghargaan Upakarti



Penghargaan Upakarti diserahkan Presiden RI
Bupati Musi Banyuasin H Pahri Azhari mendapat Penghargaan Upakarti Bidang Jasa Kepedulian dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta, Jumat (7/12), bersama kepala daerah lainnya.

Bupati Musi Banyuasin H Pahri Azhari menjadi satu-satunya di Sumatera Selatan yang mendapatkan Penghargaan Upakarti Bidang Jasa Kepedulian pada Tahun 2012. Penghargaan Upakarti Bidang Jasa Kepedulian juga diberikan kepada Kepala Daerah Bitung, Bukit Tinggi, Tarakan, Banjar, Denpasar, Luwu Timur, dan Pasuruan.

Penghargaan Upakarti merupakan simbol penghargaan tertinggi pemerintah di bidang industri. Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang berprestasi melaksanakan program keterkaitan dalam mendorong partisipasi masyarakat luas, untuk aktif berperan serta dalam program pengembangan industri kecil, melalui pola keterkaitan dan kemitraan usaha yang berkesinambungan.

Menteri Perindustrian RI Mohamad S Hidayat mengatakan, Jasa Kepedulian diberikan kepada kepala pemerintah kabupaten/kota yang secara aktif menetapkan berbagai kebijakan yang menimbulkan iklim usaha yang kondusif, membuka peluang usaha serta memberikan kemudahan bagi IKM dalam mengembangkan usaha. “Kami berharap melalui Penghargaan Upakarti ini, dapat lebih mendorong tumbuhnya industri kecil dan menengah di tanah air.”

Bupati Musi Banyuasin H Pahri Azhari mengaku, Penghargaan Upakarti Bidang Jasa Kepedulian merupakan apresiasi dan hasil penilaian pemerintah pusat terhadap kinerja pemerintah daerah. Menurutnya, keberhasilan Kabupaten Musi Banyuasin mendapatkan penghargaan ini tak lepas dari kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas seluruh SKPD dalam merumuskan kebijakan yang mendorong seutuhnya kesejahteraan masyarakat. “Penghargaan ini merupakan motivasi bagi kita untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam mengabdi kepada masyarakat.”
Bupati foto bersama pimpinan SKPD Muba

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Musi Banyuasin Drs H Ikhwan Muslimin MM, mengatakan, Penghargaan Upakarti Bidang Jasa Kepedulian merupakan hasil penilaian pemerintah pusat terhadap komitmen kebijakan Bupati Musi Banyuasin dalam memajukan industri kecil dan menengah. H Pahri Azhari dinilai melalui kebijakannya dinilai mampu menjadikan industri kecil dan menengah lebih berdaya saing di era perdagangan bebas.

“Salah satu perwujudan komitmen Bupati terhadap perkembangan dan kemajuan industri kecil dan menengah adalah dengan melakukan promosi industri dan UMKM tak hanya secara lokal, namun juga di tingkat nasional dan internasional. Promosi industri kecil dan UMKM yang dilakukan secara gencar, berdampak pada kian dikenalnya produk asal Muba secara luas,” imbuhnya.

Sementara itu Kabag Humas Setda Musi Banyuasin Dicky Meiriando SSTP MH, mengatakan, Bupati Muba telah mendorong pertumbuhan industri melalui program One Village One Product dan pembinaan UMKM. Selanjutnya mendorong partisipasi dunia pendidikan melalui Poltek dan SMK untuk berorientasi pada dunia industri. Selain itu, melalui kebijakan H Pahri Azhari, indikator pertumbuhan ekonomi menunjukkan peningkatan signifikan ke arah yang lebih baik.

“Pertumbuhan ekonomi Muba saat ini mencapai 7,04 persen atau berada di atas pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkisar 6 persen lebih. Pendapatan Asli Daerah dari sektor industri yang pada 2010 sebesar Rp 1,53 miliar meningkat menjadi Rp 1,9 miliar di Tahun 2011,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan yang dicapai Kabupaten Muba dalam melaksanakan kebijakan, program dan pembinaan serta pengembangan IKM ini menjadi dasar Kementerian Perindustrian RI memberikan Penghargaan Upakarti. “Sesuai arahan Bupati Muba agar seluruh SKPD menerapkan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas dalam setiap program untuk kesejahteraan masyarakat. Penghargaan-penghargaan seperti ini biarlah urusan pemerintah pusat yang menilainya.” Amr

Tidak ada komentar: