Rabu, 19 Desember 2012

Pemda Muba Belajar KRPL Pacitan


Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin memuji keberhasilan Kabupaten Pacitan mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Kayen. Tim yang dipimpin oleh Sekda Muba Drs H Yuliansyah MM khusus mengunjungi Desa Kayen untuk mempelajari secara lengkap upaya pengembangan KRPL di Musi Banyuasin, Selasa (19/12).

Kita belajar kepada keberhasilan Pacitan terkait bidang ketahanan pangan, khususnya pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari. Semoga ada Pacitan baru di Musi Banyuasin, yaitu Kawasan Rumah Pangan Lestari,” ujar Drs H Yuliansyah MM.

            Kunjungan tersebut melibatkan peran serta kepala desa dan petugas penyuluh pertanian. Hal ini bertujuan agar upaya pengembangan KRPL dapat lebih optimal dan cepat terwujud. Di Desa Kayen, kepala desa dan petugas penyuluh pertanian mendapatkan kursus singkat pengembangan KRPL dari pemerintah Pacitan. Selain itu juga dijelaskan tentang kebijakan Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam mendukung KRPL.

            Kepala Badan Ketahanan Pangan Musi Banyuasin Drs Ahmad Suandi mengatakan, pengembangan KRPL di Kabupaten Musi Banyuasin dapat mengatasi kerawanan pangan di masyarakat. Dengan terbentuknya Desa KRPL diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menanam berbagai jenis tanaman pangan, minimal untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

            “Lahan yang ditanami tanaman pangan di Musi Banyuasin terus berkurang. Hal ini dikarenakan konversi lahan pertanian ke perkebunan. KRPL merupakan salah satu solusi mengatasi kerawanan pangan, dengan bercocok tanam secara modern dengan lahan sekecil apapun,” imbuhnya.

            Kunjungan Pemkab Muba tersebut mendapatkan sambutan posisitf dari Bupati Pacitan Indartato. Menurutnya, KRPL merupakan salah satu upaya mengatasi kerawanan pangan. Masyarakat dapat menanam berbagai jenis tanaman pangan, dimulai dari halaman sendiri.

            “Dengan adanya kesadaran untuk menanam berbagai jenis tanaman pangan, memberikan keuntungan bagi masyarakat sendiri. Mereka tidak perlu lagi membeli untuk mengkonsumsi berbagai sayuran dan tanaman pangan lainnya,” ujarnya.

            Menurutnya, kehadiran Pemkab Muba ke Pacitan untuk belajar KRPL merupakan hal yang harus diapresiasi. Menurutnya, pengembangan KRPL merupakan langkah tepat yang dapat menjadi solusi mengatasi persoalan kebutuhan pangan di masyarakat. Amr

Tidak ada komentar: