Kamis, 06 Desember 2012

Bupati Muba Dapat Transmigration Award



                                                                                              Foto : Amiriansah

 Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mendapatkan Transmigration Award kategori Makarti Nayotama untuk Pemerintah Kabupaten Daerah Tujuan Transmigrasi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi(Kemenakertrans) Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar kepada Bupati Muba H Pahri Azhari, Kamis (6/12), pada peringatan Hari Bhakti Transmigrasi ke-62 di Jakarta.

Menakertrans Muhaimin Iskandar, mengatakan, Transmigration Award Tahun diberikan atas dasar penilaian kinerja pemerintah daerah dalam menyiapkan dan membina transmigrasi. Dirinya berharap, dengan kinerja yang optimal daerah transmigrasi tak hanya berkontribusi dalam pengembangan wilayah baru, tetapi dapat juga berkontribusi bagi pembangunan serta kemajuan pangan di Indonesia.

Menurutnya, ada 3 faktor utama yang menentukan keberhasilan transmigrasi. Faktor pertama adalah perencanaan, persiapan, dan penyediaan lahan pemukiman. Kedua, pembinaan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi baik, sehingga para transmigran memiliki kesiapan mental dan keterampilan untuk sukses di daerah tujuan. Faktor ketiga yaitu pembinaan terus menerus oleh pemerintah daerah tujuan transmigrasi hingga transmigran menjadi mandiri.

"Penghargaan yang tinggi kita berikan kepada kepala daerah penerima penghargaan dalam pembinaan transmigrasi. Dengan dukungan kepala daerah kita harapkan dapat mempercepat pembangunan di daerah transmigrasi,"

Bupati Musi Banyuasin H Pahri Azhari mengatakan, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin memiliki kepedulian yang tinggi terhadap Transmigrasi. Ini terbukti dengan tingginya sebaran daerah transmigrasi di Musi Banyuasin.

“Daerah Transmigrasi tersebar secara merata di seluruh kecamatan di Musi Banyuasin. Daerah transmigrasi mengalami perkembangan yang baik, dan banyak transmigran yang sukses. Pemkab Muba memberikan dukungan yang besar terhadap pengembangan wilayah transmigrasi, dengan cara penyediaan sarana dan prasarana umum, fasilitas publik, serta pembinaan keterampilan para transmigran.” Imbuhnya.

                                                                                              Foto : Amiriansah
Sementara itu Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Musi Banyuasin, Ir Yusman Srianto MT mengaku, Kemenakertrans RI menilai Muba sebagai daerah yang layak mendapatkan penghargaan. Penilaian tersebut berdasarkan kepedulian dan sumbangsih pemerintah terhadap kemajuan daerah transmigrasi.

Wilayah transmigrasi di Muba berkembang pesat dengan dibangunnya infrastruktur yang lengkap agar para transmigran betah. Dapat dikatakan saat ini hampir 50 persen penduduk Musi Banyuasin merupakan transmigran, karena daerah transmigrasi tersebar di seluruh kecamatan.”

Menurutnya, transmigran yang datang ke Musi Banyuasin mendapatkan pengayoman dari pemerintah, serta dukungan optimal agar mampu bertahan dan mandiri. Pemkab Musi Banyuasin juga memberikan sejumlah bantuan agar para transmigran tak merasa asing dan cepat beradaptasi.

Transmigration Award diberikan kepada daerah asal transmigrasi, daerah tujuan transmigrasi, dan media massa yang mendukung program transmigrasi. Pada Transmigration Award 2012, penghargaan diterima oleh Propinsi DIY, Jateng, NTB, Kabupaten Madiun, Kulon Progo,dan Grobogan sebagai daerah asal transmigrasi. Serta diberikan kepada Propinsi Sumsel, Kalsel, Kalteng, Kabupaten Bungo, Donggala, dan Musi Banyuasin sebagai daerah tujuan transmigrasi. Selain itu, Transmigration Award juga diberikan kepada Harian Kompas sebagai media massa yang peduli terhadap transmigrasi. Amr

Tidak ada komentar: